Rabu, 15 Januari 2014

Cara Mudah Root Galaxy Young GT-S5360 Serta Keuntungan dan Kerugiannya

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

       "Android sejuta umat", ya itulah mungkin julukan yang pas untuk Samsung Galaxy Young GT-S5360. Bagaimana tidak, android  type ini merupakan salah satu android yang banyak digunakan oleh orang-orang (termasuk saya hhehe). Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya tak dipungkiri Samsung Galaxy Young GT-S5360 merupakan salah satu android terbaik saat ini. Ditambah dengan berbagai macam Custom Rom yang dikembangkan oleh para developer dan masih terus bermunculannya Rom-Rom baru yang membuat para opreker android begitu menyukai android type ini. Tidak berhenti disitu, Anda pun bisa membuat android anda seperti yang anda inginkan dengan mengedit aplikasi yang sudah ada atau bahkan membuat Custom Rom anda sendiri. Menakjubkan bukan ???

       Sebelum lebih jauh kita membahas tentang customisasi pada android Galaxy Young, alangkah baiknya kita ke step awal dari berbagai macam hal yang sudah menanti android Galaxy Young anda, yaitu proses Root.

       Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux (termasuk android). Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna HP) punya akses ke account root tersebut ,jadi kitalah yang punya kekuasaan penuh pada HP android yang kita punya.

       Keuntungan Root :
  1.  Akses tak terbatas terhadap system Android
  2. Memindahkan instalasi aplikasi ke memory external sehingga memory internal tidak mudah penuh
  3. Bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan vendor yang kurang penting sehingga bisa menghemat baterai dan mempercepat kinerja
  4. Dapat melakukan Backup aplikasi dan system sehingga ketika ingin melakukan install ulang atau reset pabrik kita tidak perlu mencari, mendownload lagi
  5. Bisa merubah tampilan melalui Instalasi custom ROM
  6. Bisa menambah kemampuan procesor dengan melakukan Overclock processor sehingga kinerja Ponsel manjadi lebih cepat


       Kerugian Root :
  1. Garansi HP hilang : Semua vendor ponsel mengatakan bahwa HP android yang telah di root akan hilang masa garansinya, hal ini dikarenakan dengan kita telah me-root hp android kita, kita sudah mengotak-atik file system pada sebuah HP android sehingga vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada kerusakan HP android yang telah di root. Namun jangan khawatir, HP android yang sudah di root bisa kok dikembalikan dalam kondisi semula (unroot). Sehingga HP android masih memungkinkan untuk mendapatkan garansi kembali.
  2. Rentan terhadap Virus dan Malware : Untuk masalah ini sepertinya sobat juga harus tau, dan harus tetap waspada untuk tidak sembarangan menginstal program pada hp android sobat, dan jangan lupa untuk memasang antivirus yang dapat sobat instal dari google play seperti : avast, dll.

Bagaimana sudah cukup jelas tentang Root??? Masih berani lanjut :D hhehe
Jika iya, maka saya pun akan memberikan tutorial Cara Mudah Root Galaxy Young GT-S5360.
Sebelumnya download dulu bahannya Disini ..


       Setelah download bahan di link yang saya sediakan diatas, kita lanjut ke step berikutnya  :
  1. Taroh file tadi di SD Card, jangan letakkan didalam folder biarkan diluar saja untuk memudahkan.
  2. Matikan Galaxy Young anda.
  3. Masuk ke recovery mode dengan cara tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa detik.
  4. Untuk cursor ke atas dan bawah gunakan tombol volume Up dan Down, dan tombol Home untuk Yes.
  5. Pilih Apply update from sd card.
  6. Kemudian pilih Update.zip yang tadi anda taruh di SD Card.
  7. Setelah itu pilih Reboot system now.
  8. Lalu masuk ke Menu dan lihat jika ada aplikasi Superuser berarti Galaxy Young anda telah berhasil di root.



       Demikian tutorial  Cara Mudah Root Galaxy Young GT-S5360 Serta Keuntungan dan Kerugiannya, semoga bisa membantu anda yang ingin me-root Galaxy Young anda atau bahkan bisa jadi bahan pertimbangan untuk anda yang masih ragu atau bimbang mau me-root atau ga (galau hhehe :D )

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar